Mempelajari Cara Membuat Content Marketing
olehCleva 25 Oktober 2022
Ilustrasi online marketing. Sumber Pixabay
olehCleva 25 Oktober 2022
Ilustrasi online marketing. Sumber Pixabay
Di dalam digital marketing pembuatan konten menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan. Konten dapat menjadi daya tarik bagi para calon pelanggan untuk mengetahui dan kemudian membeli produk atau jasa yang kita tawarkan. Terlebih di masa pandemi dan juga era teknologi dimana hampir seluruh kegiatan berbasis kepada online.
Di dalam bimtek Digital Marketing peserta belajar bagaimana cara membuat konten yang baik. Dengan ikut bimtek kita berkesempatan untuk mendapat materi sekaligus workshop mengenai pembuatan beberapa konten dan juga cara mengoptimalisasinya. Pertama adalah pembuatan flyer atau poster, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan video
Untuk tools nya bisa menggunakan apa saja yang dirasa mudah, sehingga jangan merasa kesulitan gunakanlah apa yang biasa kita gunakan.
Selama pelaksanaan materi, para peserta bisa langsung praktik mengikuti penjelasan dari pemateri bimtek. Diawal sesi, pemateri membahas mengenai prinsip-prinsip dasar dari suatu desain. Kemudian dilanjutkan dengan praktik yang menyesuaikan dengan kemampuan para peserta. Setelah itu dilanjutkan dengan review poster dan video yang telah dibuat.
Salah satu prinsip dalam pembuatan desain yang bisa digunakan yaitu simple, tetapi bukan seadanya. Kita bisa melihat contohnya pada brand yang sudah terkenal dimana desain yang ditampilkan itu simpel tetapi juga menunjukkan ciri khas produknya.
Setelah pembuatan konten, para peserta berlanjut untuk mempelajari tentang konsep SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing). Melalui pemanfaatan SEO, konten yang sudah dibuat akan dioptimalisasi agar bisa menjangkau calon customer secara lebih luas. Selain dengan cara organik, para marketer juga bisa memanfaatkan SEM berupa layanan iklan yang banyak tersedia di layanan pencari seperti google.
Terdapat beberapa website yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan optimalisasi seperti ubersuggest dan ataupun aplikasi yang berasal dari google seperti google analytics. Kebutuhan tersebut bisa menyesuaikan dengan budget yang disediakan untuk melakukan marketing. Hal itu berkaitan dengan materi bimtek mengenai strategi dari digital marketing.
Selama proses bimtek berlangsung para peserta terlihat antusias untuk mengikuti tahapan dari penjelasan pemateri. Di dalam pelatihan bimtek, para peserta lebih banyak untuk melakukan praktik untuk membuat konten digital marketing. Diharapkan pelatihan ini bukan sebuah akhir, tetapi menjadi motivasi agar para peserta bisa terus semangat mempelajari aspek pembuatan konten untuk digital marketing.